7 Alasan Kain Katun Begitu Digemari Banyak Orang

bronxbaseballdaily.com –¬†Dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang paling populer dan paling banyak diproduksi di dunia, berikut beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa kain katun sangat digemari oleh banyak orang.

Sekilas Tentang Kain Katun

Kain katun merupakan sejenis kain berbahan dasar serat alami yakni serat kapas yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk membuat baju dan keperluan lainnya. Bukti paling awal penggunaan serat kapas dalam tekstil berasal dari tanaman Mehrgarh dan Rakhigarhi di India sekitar tahun 5000 SM.

Ada juga kemungkinan bahwa orang di Amerika menggunakan kapas untuk pelengkap kebutuhan tekstil sejak tahun 5500 SM. Tetapi jelas bahwa budidaya kapas sudah umum di Amerika Kuno setidaknya sejak tahun 4000 SM.

Sementara di kalangan orang Tionghoa penanaman kapas menjadi populer di Tiongkok selama Dinasti Han yang berlangsung dari tahun 206 SM hingga 230 M, karena mereka lebih dulu mengandalkan sutra dari pada kapas untuk produksi tekstil.

Mengapa Kain Katun Digemari

Berbicara mengenai bahan kain katun, lantas mengapa jenis kain yang satu ini begitu populer hingga digunakan di berbagai belahan dunia dengan iklim yang berbeda-beda untuk membuat baju?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu simak pembahasan berikut yuk.

1. Halus dan Lembut Dikulit

Alasan pertama mengapa kain katun banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan baju yaitu kain katun memiliki tampilan yang halus, lembut, kuat dan tidak mudah rusak.

Serat katun terdiri dari selulosa yang tersusun secara teratur sehingga mampu memberikan tekstur yang lembut dan halus pada bahan kain katun.
Struktur serat katun yang rata dan tidak kasar juga membuatnya terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit.

2. Bahannya Ramah Lingkungan

Kain katun termasuk ke dalam jenis kain yang enviromentally friendly / ramah lingkungan karena bahan dasarnya berasal dari sumber yang dapat terbarukan yakni tanaman yang tumbuh kembali dan dapat ditanam kembali.

Untuk menghasilkan kain katun sendiri, serat kapas mula-mula harus dipisahkan terlebih dahulu dari bijinya kemudian diproses lebih lanjut menggunakan mesin hingga akhirnya didapat lembaran kain yang biasa kita gunakan untuk pelengkap kebutuhan sehari-hari.

3. Adem dan Breathable

Kain katun terasa adem saat dipakai karena di dalam kain katun sendiri terdapat rongga / ruang-ruang kecil di antara seratnya yang memungkinkan udara bergerak dengan bebas di dalam kain, membuat kulit bernafas dengan sangat mudah dan menjaganya agar tetap kering.

Dengan karakteristiknya yang adem dan breatahable kain inipun sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia yang cenderung panas.

Kain katun memiliki kemampuan untuk menyerap panas serta keringat dari tubuh dan mengeluarkannya ke udara.
Menggunakan baju yang dibuat dari kain katun juga akan membuat kamu tetap sejuk dan nyaman saat beristirahat sepanjang malam.

4. Ringan dan Nyaman Dipakai

Kain katun memiliki bahan kain yang ringan dan terasa sangat nyaman ketika digunakan untuk beraktifitas. Salah satu alasannya yaitu karena serat katun memiliki struktur yang lebih tipis dan secara alam memberikan kesan ringan pada bahan kain yang dihasilkan.

5. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain katun termasuk ke dalam jenis kain terkenal kuat dan tahan lama, bahkan dalam kondisi basah sekalipun.

Kain katun memiliki kekuatan tahan tarik yang tinggi, tahan lama dan tidak mudah sobek.
Kain katun memiliki karakteristik struktur yang memungkinkan kekuatannya meningkat 30% lebih kuat ketika dalam keadaan basah.
Kain katun tidak mudah rusak ketika dalam proses pencucian baik itu dengan tangan ataupun dengan mesin cuci.
Namun harus diingat juga, bagaimana cara kamu merawat kain katun termasuk juga mempengaruhi daya tahan, kekuatan dan keawetan kain katun.

6. Punya Banyak Pilihan Warna

Kain katun bisa dijumpai dalam banyak pilihan warna yang menarik sekali itu struktur serat katun yang padat juga memungkinkannya untuk menyerap bahan pewarna lebih baik dibandingkan dengan jenis kain lain seperti polyester.

Serat katun memiliki struktur yang terbuka dan berpori-pori, sehingga mampu menyerap pewarna dengan mudah.
Serat katun dapat menahan banyak pigmen pewarna, yang membuat warna menempel dengan baik pada kain.

7. Memiliki Daya Serap Yang Baik

Kapas dapat menyerap air dalam jumlah besar tapi juga cepat kering sehingga memberi kemampuan yang baik pada kain katun untuk menyerap kelembapan dengan kecepatan tinggi. Selain itu kain katun juga dapat menahan 24-27 kali berat air dibanding berat kainnya itu sendiri.

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa kain katun begitu digemari oleh banyak orang sebagai bahan dasar pembuatan baju. Selain karena teksturnya yang lembut kain katun juga memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik loh.

One thought on “7 Alasan Kain Katun Begitu Digemari Banyak Orang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *